Menu

Mode Gelap

Editorial · 15 May 2022 02:04 WITA

Verifikasi Informasi


 H Rachmat Rolau, Wartawan Utama, Pemimpin Redaksi siagasatu.co.id Perbesar

H Rachmat Rolau, Wartawan Utama, Pemimpin Redaksi siagasatu.co.id

H. Rachmat Rolau

BUKU berjudul “Matinya Ilmu Kepakaran” (The Death of Expertise) itu menarik. Di tengah gegap gempita pengguna jasa internet dan media sosial, penulis buku, Prof Tom Nichols mengurai eksistensi internet. Ia katakan, dunia maya itu tidak lagi menjadi sarana demokrasi. Tapi menjadi malapetaka dan membutakan orang hingga tidak lagi ragu terhadap semua informasi.

Berikut tulisan Nichols:  “Orang-orang kritis bukan lagi pada fakta, melainkan  pada keyakinannya. Sementara yang lain bingung dan tersesat dalam belantara informasi faktual, dan berita rekayasa. Mereka merasa benar oleh pengetahuannya yang keliru”.

“Inilah efek dunning kruger (dunning kruger effect) yang menjangkiti banyak orang,” kata Nichols. Dunning Kruger adalah, hal, di mana seseorang merasa kemampuannya lebih hebat dari orang lain. Tetapi, di balik arogansi kemampuan itu,  justru bagian dari ketidak-mampuan orang itu untuk mengetahui kekurangannya.

Di era internet,  tidak ada lagi otoritas yang mengendalikan ilmu pengetahuan. Misalnya, kata Nichols.  Seorang pembuat berita hoax  menyebarkan informasi bahwa cokelat dapat membuat langsing. Sasaran utama berita itu para jurnalis. Yang malas melakukan verifikasi. Jurnalis mengutip berita itu mentah-mentah, dan menyebarkannya secara luas.

Setelah berita cokelat itu menyebar, pengguna media sosial terbelah: ada yang percaya. Ada yang ragu. Tapi ada juga yang menolak. Mereka pun bertengkar hanya untuk sebuah informasi yang belum jelas. Mereka mengabaikan informasi ilmiah tentang benar-tidaknya cokelat  itu dapat membuat langsing, sebelum mengonfirmasikannya ke lembaga yang kredibel.

Sepertinya, Nichols ingin mengingatkan kita untuk tidak cepat percaya pada sebuah  informasi yang belum jelas sumber dan kebenarannya.  Verifikasi dan  konfirmasi setiap informasi merupakan langkah bijak sebelum hal itu diyakini sebagai kebenaran.

Di era media sosial, produk informasi tidak hanya dibuat oleh kalangan pers sebagai satu-satunya lembaga yang diserahi oleh undang-undang. Namun juga dibuat dan disebarkan oleh individu  atau kelompok yang punya kepentingan.

Merujuk pada situasi seperti di atas, maka masyarakat wajib memiliki sense of responsibility (rasa tanggungjawab) dalam menyebarkan informasi melalui media sosial agar tidak  menjadi pemicu kekacauan berpikir.

Menjelang pemilu, respon masyarakat terhadap informasi sangat tinggi,  seiring tensi politik yang juga bakal memanas. Di sinilah dibutuhkan kearifan dan kerendahan hati seseorang bila menerima informasi yang belum diyakini benar.

Sebab, selama ini, friksi sosial yang terjadi  di tengah umat bukan antara manusia dengan Tuhannya, melainkan antar-manusia dengan manusia. Banyak contoh yang mengukuhkan betapa informasi yang tidak benar itu  sangat berbahaya.

Dan media maninstream harus mampu mengimbangi sajian-sajian di media sosial dengan senantiasa memberi informasi yang benar dan bermanfaat. Seperti kata Bill Kovach, kewajiban jurnalisme adalah kebenaran, dan esensi jurnalisme adalah verifikasi. Belajar mengerti suatu persoalan adalah kecerdasan. Tapi menerima persoalan tanpa verifikasi adalah kebodohan.  (**)

Penulis adalah wartawan senior, Pemimpin Redaksi siagasatu.co.id
Artikel ini telah dibaca 170 kali

badge-check

Administrator

Baca Lainnya

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Tinggi Gelombang di Wilayah Kaltara, BMKG Prediksi Berlanjut Hingga Satu Minggu ke Depan

25 June 2024 - 09:35 WITA

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Tinggi

Mendag Pastikan HET Minyak Goreng Rp14.000/Liter selama Ramadan dan Idulfitri 2024

14 March 2024 - 17:08 WITA

Mendag Pastikan HET Minyak Goreng

Belum Ditemukan, Pencarian Pesawat Kargo Smart Air yang Hilang Kontak Dilanjutkan Besok

8 March 2024 - 22:05 WITA

Belum Ditemukan, Pencarian Pesawat Kargo Smart Air yang Hilang Kontak Dilanjutkan Besok

Pesawat Smart Air Rute Tarakan-Krayan Hilang Kontak

8 March 2024 - 15:42 WITA

Pesawat Smart Air Rute Tarakan-Krayan Hilang Kontak

Mantan Bupati Tana Tidung H.Undunsyah Tutup Usia

23 December 2023 - 14:16 WITA

Mantan Bupati Tana Tidung H.Undunsyah Tutup Usia

Tahun 2024 Ada 238 Kegiatan di OPD Pemkab Malinau, Anggaran Diperkirakan Lebih 2 Triliun

14 December 2023 - 20:29 WITA

Sekda Malinau Pimpin Pelaksanaan Apel Pasca Libur Tahun Baru
Trending di Daerah