Menu

Mode Gelap

Advertorial · 20 Apr 2022 03:55 WITA

Bea Cukai Nunukan Tertibkan Peredaran Rokok Ilegal, Masyarakat Dihimbau Tidak Membelinya


 Operasi penertiban rokok ilegal oleh aparat Bea Cukai Nunukan. Perbesar

Operasi penertiban rokok ilegal oleh aparat Bea Cukai Nunukan.

NUNUKAN [siagasatu.co.id] – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Nunukan melakukan operasi pasar untuk melakukan penindakan terhadap peredaran rokok Ilegal tanpa pita cukai resmi di sejumlah pedagang eceran di Nunukan.

Operasi penertiban tersebut, menurut pejabat Fungsional Penyidik Bea Cukai Nunukan, Hendrik, SH karena praktik peredaran rokok ilegal berakibat pada kerugian negara.

“Rokok merupakan barang terkena cukai. Pelunasan cukainya dengan cara melalui pita cukai yang ada pada kemasan rokok. Rokok ilegal merupakan rokok yang pungutan cukainya tidak dilunasi dan itu banyak belum diketahui oleh masyarakat awam,” terang Hendrik.

Selama kurun waktu di tahun 2022, lanjutnya, Kantor Bea Cukai Nunukan rutin melakukan operasi pasar dimaksud. Hasilnya, ditemukan sejumlah rokok ilegal dengan berbagai merek yang beredar melalui para pedagang eceran di daerah ini.

Menyebutkan beberapa di antara contoh merek rokok ilegal yang saat ini marak beredar di pasaran, antara lain Stigma, Laris Brow, Browsing Mild, Tali Jaya, SP-86, Luffman dan banyak lagi merek lainnya.

Dari operasi pasar yang telah dilakukan, menurut Hendrik mereka telah menemukan sekitar 6 ribu batang rokok, dengan total kerugian negara sekitar Rp5 juta rupiah.

Berdasar temuan di lapangan, keterangan dari pemilik toko yang menjualnya, mereka hanya dititipi oleh orang yang tidak dikenal. Nama maupun nomor kontak teleponnya tidak diketahui.

Secara berkala orang yang menitipkan rokok ilegal tadi akan kembali mengecek persediaan barang yang mereka titipkan sekaligus mengambil uang hasil penjualan setelah dipotong keuntungan untuk pemilik toko.

“Sejauh ini kami masih memberikan himbauan kepada para pedagang pengecer agar tidak menerima atau menjual rokok ilegal. Kami sampaikan juga perbuatan tersebut memiliki konsekuensi hukum. Karena melanggar pasal 54 UU Nomor 39 tahun 2007 tentang cukai,” tegas Hendrik.

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Nunukan juga menghimbau masyarakat agar tidak membeli rokok tanpa pita cukai resmi sebab rokok tersebut ilegal.

“Untuk memastikan produk rokok ilegal, dapat dilakukan dengan cara mengecek apakah ada pita cukai resmi atau tidak pada kemasan rokok,” terang Hendrik.® (INNA/DIKSIPRO)

Artikel ini telah dibaca 50 kali

badge-check

Administrator

Baca Lainnya

Rayakan Idul Fitri 1445 H, Bupati Silaturahmi Ke Rumah Pejabat Muslim

12 April 2024 - 09:50 WITA

Rayakan Idul Fitri 1445 H, Bupati Silaturahmi Ke Rumah Pejabat Muslim

Tatap Dua Periode, Aliansi Pemuda se-Kaltara Berharap Demokrat Usung Zaina l– Yansen

11 April 2024 - 20:22 WITA

Tatap Dua Periode, Aliansi Pemuda se-Kaltara Berharap Demokrat Usung Zainal – Yansen

Gerakan Pro WM Ajak Bung Wempi Kembali Maju di Pilkada Malinau

11 April 2024 - 19:59 WITA

Gerakan Pro WM Ajak Bung Wempi Kembali Maju di Pilkada Malinau

1.011 narapidana Lapas Kelas IIA Tarakan terima Remisi Khusus Idul Fitri 1445 H

11 April 2024 - 11:32 WITA

1.011 narapidana Lapas Kelas IIA Tarakan terima Remisi Khusus Idul Fitri 1445 H

PJ. Wali Kota Tarakan Gelar Open House Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

10 April 2024 - 20:12 WITA

PJ. Wali Kota Tarakan Gelar Open House Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Bupati Wempi Ajak Tokoh Lintas Agama Bersilaturahmi di Hari Lebaran

10 April 2024 - 20:01 WITA

Bupati Wempi Ajak Tokoh Lintas Agama Bersilaturahmi di Hari Lebaran
Trending di Advertorial