Menu

Mode Gelap

Headline · 23 May 2022 10:58 WITA

Rakernas Pertama KBPP Polri Ditutup Kakorbinmas Polri


 Rakernas Pertama KBPP Polri Ditutup Kakorbinmas Polri Perbesar

JAKARTA [siagasatu.co.id] – Kepala Korps Pembinaan Masyarakat (Kakorbinmas) Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam)
Kepolisian Negara Republik Indonesia, Irjen Pol Suwondo Nainggolan secara resmi menutup Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Keluarga Besar Putra-Putri Polri (KBPP Polri) di The Tribrata Hotel Sutasoma Jalan Darmawangsa III No 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Ahad (22/5/2022).

Pada penutupan Rakernas yang mengusung tema Transformasi KBPP POLRI yang Solid, Modern, Mandiri dan Berwibawa, Irjen Pol Suwondo Nainggolan memaparkan fungsi Binmas dalam urusan preemtif yaitu merubah tata kehidupan, dan KBPP Polri merupakan bagian di dalamnya yang mendukung program preemtif itu melalui pembinaan, penyuluhan dan koordinasi.

Terkait rekomendasi KBPP Polri, Dia menyoroti pentingnya mendukung program penciptaan lapangan kerja yang sedang digalakkan oleh pemerintah.

“Masyarakat membutuhkan puluhan ribu lapangan pekerjaan dan karena itu kita membutuhkan investasi serta mendukung terciptanya iklim investasi yang baik di negara kita,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum KBPP Polri Dr Evita Nursanty, MSc menyampaikan rekomendasi Rakernas berjudul Membangun Organisasi Integritas SDM yang Solid, Modern, Mandiri, dan Berwibawa di Era Globalisasi.

Hal tersebut menyoroti tekanan globalisasi nilai yang tidak boleh berubah yaitu Pancasila. Juga mampu mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aktivitas kehidupan agar jati diri bangsa dapat terjaga secara berkelanjutan.

Globalisasi sendiri ternyata menimbulkan jumlah kemiskinan di dunia hampir satu miliar. Sehingga KBPP Polri berpendapat perlunya upaya peningkatan kualitas SDM Indonesia, mampu memancarkan jati diri bangsa sebagai keniscayaan.

Dibutuhkan pula ketahanan ideologi Pancasila, ketahanan pangan, energi, air, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kemampuan menjaga eksistensi NKRI dan jatidiri bangsa.

Disisi lain, KBPP Polri membangun platform digital dan terintegrasi dengan Binmas Online System (BOS) dan program kerja KBPP Polri.

“Kami bersyukur semua agenda pertemuan KBPP Polri ini berjalan dengan baik. Kini kita punya program kerja yang siap kita jalankan di seluruh Indonesia dengan bersinergi dengan Polri. Saya berterimakasih atas semangat yang tinggi teman-teman pengurus pusat dan pengurus daerah. Ini adalah momentum kebangkitan kita menjadi organisasi yang solid, modern, mandiri dan berwibawa,” ujar Anggota DPR-RI Fraksi PDIP dapil Jawa Barat ini.

Atas kesepakatan bersama 34 pengurus daerah yang hadir, Rakernas Perdana KBPP Polri ini juga memanfaatkan kesempatan menggelar Munaslub guna perubahan dan penyempurnaan AD/ART yang berjalan dengan baik. Munaslub dihelat pada malam hari, Jum’at, 20 Mei 2022, karena menurutnya, adanya kesadaran bersama perlunya penyempurnaan AD/ART sesuai dengan tuntutan kekinian bagi organisasi KBPP Polri.

“Kebetulan semua pengurus daerah berkumpul di Jakarta, dan kita semua bersatu hati untuk mengadakan munaslub yang khusus membahas soal penyempurnaan AD/ART ini,” bebernya.

KBPP Polri memiliki 119 program pusat yang akan disinergikan dengan seluruh pengurus di daerah-daerah lainnya. Sementara terkait aplikasi KTA dan database, selama ini KBPP Polri belum memiliki database sehingga menyulitkan untuk mengetahui secara tepat data keanggotaan.

“Dengan aplikasi KTA digital kedepan diharapkan kita punya database yang lebih akurat mengenai anggota daripada KBPP Polri,” katanya.

Aplikasi KBPP Polri Mobile merupakan cara mudah untuk mengakses anggota karena di dalamnya terdapat KTA dan mendapatkan informasi anggota yang terverifikasi. Melalui teknologi ini mengenal anggota menjadi lebih mudah, serta berinteraksi aman dan terpercaya.

Begitu juga dilengkapi database report, sehingga laporan kegiatan dan informasi setiap PD diinput masing-masing PD dengan mudah dan dapat ditanggapi seluruh anggota. Di dalamnya juga terdapat alamat, pekerjaan, minat, bidang bisnis, relasi hubungan keluarga Polri, dokumen penunjang validasi bahkan data pendidikan anak. Aplikasi ini dilengkapi Scan QR untuk verifikasi dan validasi anggota.

Pada penyelenggaraan Rakernas Pertama KBPP Polri ini, Sekretaris Utama (Sestama) Badan Intelijen Negara (BIN) Komjen Pol Bambang Sunarwibowo selaku
Dewan Kehormatan KBPP Polri, turut hadir memberikan pengarahan membahas tentang intoleransi, radikalisme dan terorisme serta Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol Drs Wahyu Widada, M.Phil menyajikan paparan tentang pentingnya sumber daya manusia.® (Harianto Rivai)

Artikel ini telah dibaca 69 kali

badge-check

Administrator

Baca Lainnya

TNI Dukung Polri Tuntaskan Kasus Pembakaran Rumah Wartawan Tribrata TV Rico Sampurna Pasaribu

12 July 2024 - 21:48 WITA

TNI Dukung Polri Tuntaskan Kasus Pembakaran Rumah Wartawan Tribrata TV Rico Sampurna Pasaribu

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Tinggi Gelombang di Wilayah Kaltara, BMKG Prediksi Berlanjut Hingga Satu Minggu ke Depan

25 June 2024 - 09:35 WITA

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Tinggi

Hari Tanpa Tembakau Sedunia Diperingati 31 Mei, Berikut Sejarahnya

31 May 2024 - 16:48 WITA

Hari Tanpa Tembakau Sedunia Diperingati 31 Mei

Jadwal Pencairan Gaji Ke-13 untuk Pensiunan Mulai 3 Juni 2024

26 May 2024 - 20:46 WITA

Jadwal Pencairan Gaji Ke-13 untuk Pensiunan Mulai 3 Juni 2024

Mendag Pastikan HET Minyak Goreng Rp14.000/Liter selama Ramadan dan Idulfitri 2024

14 March 2024 - 17:08 WITA

Mendag Pastikan HET Minyak Goreng

Jenasah Korban Jatuhnya Pesawat Smart Air Dipulangkan ke Kampung Halaman

11 March 2024 - 12:25 WITA

Jenasah Korban Jatuhnya Pesawat Smart Air Dipulangkan ke Kampung Halaman
Trending di Daerah