Menu

Mode Gelap

Advertorial · 5 Sep 2022 10:56 WITA

Wabup Buka Secara Resmi Musrenbang Kecamatan Malinau Utara


 Wabup Buka Secara Resmi Musrenbang Kecamatan Malinau Utara Perbesar

MALINAU [siagasatu.co.id] – Wakil Bupati Malinau Jakaria, S.E., M.Si. membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Malinau Utara yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Desa Salap, pada Kamis (01/09).

Musrenbang ini sendiri dilaksanakan dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Malinau tahun 2024.

Dalam sambutannya, Jakaria, S.E., M.Si. menerangkan bahwa Musrenbang kecamatan merupakan forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah perumusan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan.

Dengan telah ditetapkannya visi Kabupaten Malinau yang mandiri, damai dan sejahtera didukung pemerintahan yang profesional maka visi tersebut sebagai target utama pencapaian program dan kegiatan yang harus dilaksanakan secara holistik dan terintegrasi melalui 5 program inovasi daerah.

Dalam upaya merealisasikan visi, tujuan dan sasaran sesuai misi yang sudah ditetapkan maka perlu strategi dan arah kebijakan pembangunan.

“Pembangunan tidaklah menjadi tanggungjawab pemerintah semata, meskipun domainnya berada pada pemerintah. Namun, keterlibatan atau partisipasi semua pihak sangat mempengaruhi keberhasilan pencapaian indikator pembangunan,” ujarnya.

Partisipasi semua pihak sangat dibutuhkan kata Jakaria, yang dimulai dari proses perencanaan. Untuk itu pembangunan haruslah menjadi milik bersama, harus ada rasa memiliki oleh semua pihak sehingga keberhasilan dan keberlanjutan pembangunan dapat terjaga.

Karena itu melalui forum Musrenbang ini, ada beberapa catatan yang perlu menjadi perhatian bersama diantaranya pertama program dan kegiatan yang diusulkan sesuai dengan prioritas dan sasaran pembangunan daerah, kedua tidak semua program dapat terakomodir, untuk itu perlu disusun skala prioritas, ketiga keakuratan data sebagai basis perencanaan haruslah diperkuat sehingga tidak terjadi salah perencanaan, keempat perangkat daerah agar berperan aktif memberikan masukan dan arahan agar program kegiatan yang diusulkan benar-benar tepat arah, tepat sasaran.

“Saya berharap kegiatan Musrenbang kecamatan dapat berjalan lancar yang dilandasi dengan semangat dan kerjasama yang terus kita pelihara dan ditingkatkan dari masa ke masa dalam upaya memberikan yang terbaik bagi Malinau tercinta,” tuturnya.

 

Artikel ini telah dibaca 57 kali

badge-check

Administrator

Baca Lainnya

Gubernur Buka Rakerda Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting

30 May 2024 - 11:22 WITA

Gubernur Buka Rakerda Program Bangga Kencana

Minat Baca Buku Menurun, Bupati Malinau Dorong Kolaborasi Guru dan Orang Tua

30 May 2024 - 11:11 WITA

Minat Baca Buku Menurun

SID Dorong Pemanfaatan Desa yang Transparan

30 May 2024 - 10:41 WITA

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Utara, Dr H Suriansyah

Pj Wali Kota Tarakan Hadiri Pembukaan Forum ITS Asia Pasifik ke-19

30 May 2024 - 10:21 WITA

Pj Wali Kota Tarakan Hadiri Pembukaan

Gubernur Rencanakan Peningkatan Kualitas Gedung Baru

30 May 2024 - 07:41 WITA

Gubernur Rencanakan Peningkatan Kualitas Gedung Baru

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Bupati Wempi Serahkan Motor Perpustakaan Keliling

29 May 2024 - 09:38 WITA

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Bupati Wempi Serahkan Motor Perpustakaan Keliling
Trending di Advertorial