Menu

Mode Gelap

Advertorial · 12 May 2022 18:38 WITA

Sebanyak 178 Patok Batas Negara Tidak Ditemukan


 Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 18/Komposit Pos Long Bawan saat melakukan patroli patok perbatasan (HO/Lettu Arm Ahmad Tito Sutrisna) Perbesar

Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 18/Komposit Pos Long Bawan saat melakukan patroli patok perbatasan (HO/Lettu Arm Ahmad Tito Sutrisna)

Hasil Patroli Satgas Pantas Yonarmed 18/Komposit RI-Malaysia

NUNUKAN [siagasatu.co.id] – Selama kurun waktu 6 bulan menjalani masa tugas di Nunukan, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonarmed 18/Komposit RI-Malaysia, telah melakukan patroli pada 5.521 patok batas RI-Malaysia.

Diketahui, jumlah seluruh patok perbatasan antara kedua negara ini di wilayah Kalimantan Utara ada sebanyak 6.873 patok.

“Masih menyisakan ribuan patok lagi yang belum dipatroli atau tepatnya sebanyak 1.352 patok,” terang Pasiops Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 18/Komposit, Lettu Arm Ahmad Tito Sutrisna.

Merincikan, jumlah patok dari masing-masing type yang telah mereka patroli selama menjaga wilayah perbatasan RI-Malaysia, masing-masing Type A : 7 patok, type B: 27 patok, type C: 295 patok, dan type D: 5.192 patok.

Terkait kondisinya setelah patroli dilaksanakan, sebanyak 5.118 dalam kondisi baik, 156 patok dalam keadaan miring, 10 patok yang rusak, 4 buah patok mengalami patah, sebanyak 31 patok roboh, tertimpa pohon ada 21 patok, 3 patok tenggelam dan sebanyak 178 patok tidak ditemukan.

“Untuk patok yang belum di patroli, kami masih mengalami kendala karena situasi Pandemi Covid-19. Karena sebagain berada di bawah tanggungjawab pos yang berada di Wilayah Malaysia,” terang Tito.

Lainnya lagi halnya dengan patok yang berada di wilayah pos Lumbis. Medan yang sangat berat sulit untuk semuanya patroli dapat dilakukan. Ditambah lagi perbekalan logistik yang dibawa saat itu hanya mampu menunjang kegiatan patroli untuk waktu selama dua minggu.

Dijelaskan, saat pergantian tugas dari Satgas sebelumnya, trend Covid-19 di Nunukan lagi mengalami kenaikan. Apalagi, pos yang memiliki tanggung jawab patok untuk dikontrol berada di wilayah Malaysia.

Dipastikan Tito, dengan berakhirnya masa tugas di wilayah ini maka tugas patroli patok batas negara oleh Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 18/Komposit juga berakhir. Tugas patroli selanjutnya akan dilaksanakan oleh Satgas Pamtas pengganti berikutnya.

Minggu ketiga Juni mendatang Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 18/Komposit dipastikan sudah akan kembali ke kesatuannya di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Informasi yang berhasil diperoleh media ini, sebagai penggganti tugas Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 18/Komposit menjaga wilayah perbatasan RI-Malaysia berikutnya adalah Satgas Pamtas Yonif 621/ Manuntung.® (INNA/DIKSIPRO)

Artikel ini telah dibaca 28 kali

badge-check

Administrator

Baca Lainnya

Plh Sekab Malinau Marson Lepas Kontingen O2SN Jenjang Dasar dan Menengah ke Tarakan

12 July 2024 - 13:16 WITA

Plh Sekab Malinau Marson Lepas Kontingen O2SN

Pj Wali Kota Tarakan Bustan Pantau Perkembangan Kebersihan Sepanjang Jalan Mulawarman

12 July 2024 - 08:52 WITA

Pj Wali Kota Tarakan Bustan Perkembangan Kebersihan Sepanjang Jalan Mulawarman

Pemerintah Apresiasi Pelaksanaan O2SN Tingkat Provinsi

11 July 2024 - 18:22 WITA

Pemerintah Apresiasi Pelaksanaan O2SN Tingkat Provinsi

Bupati Wempi Hadiri Upacara Penutupan Pendidikan Bintara Polri Gelombang I 2024

11 July 2024 - 17:27 WITA

Bupati Wempi Hadiri Upacara Penutupan Pendidikan Bintara Polri Gelombang I 2024

Dispora Matangkan Persiapan POPDA ke 1 Kaltara

11 July 2024 - 17:18 WITA

Dispora Matangkan Persiapan POPDA ke 1 Kaltara

Jelang Pekan Imunisasi Polio, Dinkes Pastikan Vaksin Aman untuk Anak

11 July 2024 - 17:13 WITA

Jelang Pekan Imunisasi Polio
Trending di Advertorial