Menu

Mode Gelap

Daerah · 14 Sep 2022 18:50 WITA

Proyek Rehabilitasi Pasar Tenguyun Dikerjakan Asal-asalan, Diskopdag Minta Pertanggungjawaban Kontraktor


 Proyek Rehabilitasi Pasar Tenguyun Dikerjakan Asal-asalan, Diskopdag Minta Pertanggungjawaban Kontraktor Perbesar

TARAKAN [siagasatu.co.id] – “Astagfirullah…” barangkali itu menjadi ucapan yang paling pas sambil mengelus dada bila melihat proyek rehabilitasi Pasar Tenguyun yang dibangun atas kerjasama Kementerian Perdagangan RI dan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Tarakan melalui dana Tugas Pembantuan (TP) tahun anggaran 2021.

Maklum proyek rehabilitasi yang menggunakan anggaran APBN serta APBD Kota Tarakan sebesar Rp12,5 miliar itu terkesan dikerjakan secara asal-asalan sehingga terlihat amburadul.

Berdasarkan pengamatan di lapangan terlihat jika kios itu tidak bisa dipergunakan maksimal oleh para pedagang yang semula berharap bisa menempati kios yang nyaman untuk berdagang. Pintu rolling dor setiap kios terlihat dikerjakan asal jadi dengan plat alumunium yang sangat tipis dan renggang, sehingga pintu sangat mudah dibuka dengan tangan kosong meski dalam posisi terkunci yang memungkinkan gampang dibobol maling.

Diduga pembangunan tahap II yang pengerjaannya dilakukan oleh CV Klm itu tidak sesuai dengan spek atau Rencana Anggaran Biaya (RAB). Sehingga kualitas barang dan bangunan jauh dibawah standar. Bahkan banyak lapak pedagang yang dagangannya basah saat hujan diduga akibat atap bangunan bocor. Padahal para pedagang harus membayar mahal. Tiang penyangga untuk memajang barang dagangan pun dibuat ala kadarnya, hanya nempel di atas meja lapak lalu disemen setinggi kurang lebih 4 – 5 centimeter hingga rawan roboh. Padahal proyek itu belum diserahterimakan dari kontraktor kepada Kementerian Perdagangan RI sebagai pemilik proyek yang selanjutnya akan diserahkan kepada Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Tarakan.

Untung Prayitno, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Tarakan, saat diwawancara siagasatu.co.id di ruang kerjanya, Selasa (13/9/2022).

Ironisnya, meski Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Tarakan, Untung Prayitno telah mengirimkan surat teguran kepada pihak kontraktor tetapi pihak kontraktor belum menunjukan itikad untuk segera memperbaiki berbagai kerusakan kios pedagang itu. Sehingga Untung mengaku kecewa dengan sikap kontraktor tahap II yang tidak segera memperbaiki berbagai kerusakan itu.

Menurut keterangan sumber, kontaktor CV Klm itu justru sedang sibuk mengerjakan proyek lain dan mengabaikan proyek rehabilitasi Pasar Tenguyun yang amburadul dan asal-asalan itu. Padahal kualitas pembangunan tahap I dan Tahap III yang dilakukan oleh CV Ardifa Dalle meski belum selesai justru terlihat cukup baik.

Ketika dikonfirmasi, Untung menjelaskan jika pembangunan pasar tahap I menggunakan dana APBN yang semula dianggarkan sebesar Rp4 miliar tapi direfocusing, dipotong untuk penangannan Covid 19 menjadi Rp2,7 M dan tahap III menggunakan anggaran APBD sebesar Rp1,6 M. ”Kurang lebih Rp12,5 M secara keseluruhan,” ujarnya saat diwawancara siagasatu.co.id di ruang kerjanya, Selasa (13/9/2022).

Kadis menambahkan jika pihaknya sudah koordinasi dengan Walikota dan Dishub untuk membuat portal elektronik, sehingga parkirnya menjadi lebih tertib.

Untuk jangka panjang Untung terobsesi jika Pasar Tenguyun ini akan dijadikan sebagai pasar induk, yang terdiri dari beberapa blok, seperti blok makanan, blok pakaian dan blok sayuran. Sehingga kegiatan di pasar tersebut terlihat seperti mall.® (Harianto Rivai)

Artikel ini telah dibaca 166 kali

badge-check

Administrator

Baca Lainnya

Rayakan Idul Fitri 1445 H, Bupati Silaturahmi Ke Rumah Pejabat Muslim

12 April 2024 - 09:50 WITA

Rayakan Idul Fitri 1445 H, Bupati Silaturahmi Ke Rumah Pejabat Muslim

Tatap Dua Periode, Aliansi Pemuda se-Kaltara Berharap Demokrat Usung Zaina l– Yansen

11 April 2024 - 20:22 WITA

Tatap Dua Periode, Aliansi Pemuda se-Kaltara Berharap Demokrat Usung Zainal – Yansen

Gerakan Pro WM Ajak Bung Wempi Kembali Maju di Pilkada Malinau

11 April 2024 - 19:59 WITA

Gerakan Pro WM Ajak Bung Wempi Kembali Maju di Pilkada Malinau

1.011 narapidana Lapas Kelas IIA Tarakan terima Remisi Khusus Idul Fitri 1445 H

11 April 2024 - 11:32 WITA

1.011 narapidana Lapas Kelas IIA Tarakan terima Remisi Khusus Idul Fitri 1445 H

PJ. Wali Kota Tarakan Gelar Open House Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

10 April 2024 - 20:12 WITA

PJ. Wali Kota Tarakan Gelar Open House Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Bupati Wempi Ajak Tokoh Lintas Agama Bersilaturahmi di Hari Lebaran

10 April 2024 - 20:01 WITA

Bupati Wempi Ajak Tokoh Lintas Agama Bersilaturahmi di Hari Lebaran
Trending di Advertorial