Menu

Mode Gelap

Daerah · 23 Dec 2023 18:49 WITA

Jelang Nataru, Penerbangan Perintis Dominasi Transportasi di Malinau


 Jelang Nataru, Penerbangan Perintis Dominasi Transportasi di Malinau Perbesar

MALINAU, siagasatu.co.id — Bandara Kol RA Bessing, Malinau, Kalimantan Utara, menjadi saksi dari tingginya antusiasme masyarakat terhadap penerbangan perintis antarkecamatan menjelang akhir tahun ini. Intensitas pengguna jasa penerbangan semakin meningkat, menandai kepopuleran moda transportasi udara ini di tengah masyarakat Malinau.

Sejumlah rute penerbangan lokal, didukung oleh subsidi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2023, menuju kecamatan di daerah perbatasan Malinau, menjadi pilihan utama masyarakat.

Baca Juga: Peringati Hari Ibu ke-95, Bupati Wempi: Momen Meneladani Para Ibu

Menurut data dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Bandara Kol RA Bessing Malinau, permintaan terhadap penerbangan ini mengalami peningkatan signifikan sejak bulan Oktober 2023, terutama selama perayaan Irau Malinau ke-10 dan Hut Malinau ke-24.

“Kami melihat pertumbuhan yang pesat dalam penerbangan perintis sejak subsidi APBD Malinau diberlakukan pada bulan April lalu. Terutama, saat perayaan Irau Malinau bulan lalu, kami mencatat lonjakan pengguna jasa yang signifikan,” ujar Mustaji, Kepala Unit Pelaksana Bandara Udara (UPBU) Kol RA Bessing, dikutip dari Tribunnews.com.

Tren ini diprediksi akan berlanjut hingga menjelang tahun baru 2024. Bandara Kol RA Bessing Malinau mencatat peningkatan jumlah penumpang dalam dua tahun terakhir. Pada tahun 2022, jumlah penumpang mencapai 33.027, naik 46 persen dari tahun 2021 yang sebanyak 15.215 penumpang.

“Kenaikan ini terutama terjadi pada hari-hari besar keagamaan. Tren tahunan menunjukkan lonjakan permintaan terutama saat Idul Fitri dan mendekati Natal serta Tahun Baru,” tambahnya.

Untuk diketahui, Bupati Malinau, Wempi W Mawa, S.E., M.H., secara resmi meluncurkan Program Subsidi Ongkos Angkut (SOA) pada Selasa (12/04/2023) di Bandar Udara R.A Bessing. Acara peluncuran dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintah, perwakilan masyarakat, dan stakeholder terkait. Program ini bertujuan mengurangi beban biaya transportasi barang dan penumpang melalui jalur udara dan sungai.

Peningkatan yang pesat dalam penggunaan penerbangan perintis mencerminkan peran penting moda transportasi udara dalam menghubungkan wilayah-wilayah kecamatan di Malinau.

Hal ini juga mencerminkan preferensi masyarakat dalam memilih moda transportasi yang efisien, terutama dalam momen-momen krusial seperti perayaan keagamaan dan perayaan akhir tahun.®

Artikel ini telah dibaca 12 kali

badge-check

Administrator

Baca Lainnya

Plh Sekab Malinau Marson Lepas Kontingen O2SN Jenjang Dasar dan Menengah ke Tarakan

12 July 2024 - 13:16 WITA

Plh Sekab Malinau Marson Lepas Kontingen O2SN

Pj Wali Kota Tarakan Bustan Pantau Perkembangan Kebersihan Sepanjang Jalan Mulawarman

12 July 2024 - 08:52 WITA

Pj Wali Kota Tarakan Bustan Perkembangan Kebersihan Sepanjang Jalan Mulawarman

Pemerintah Apresiasi Pelaksanaan O2SN Tingkat Provinsi

11 July 2024 - 18:22 WITA

Pemerintah Apresiasi Pelaksanaan O2SN Tingkat Provinsi

Bupati Wempi Hadiri Upacara Penutupan Pendidikan Bintara Polri Gelombang I 2024

11 July 2024 - 17:27 WITA

Bupati Wempi Hadiri Upacara Penutupan Pendidikan Bintara Polri Gelombang I 2024

Dispora Matangkan Persiapan POPDA ke 1 Kaltara

11 July 2024 - 17:18 WITA

Dispora Matangkan Persiapan POPDA ke 1 Kaltara

Jelang Pekan Imunisasi Polio, Dinkes Pastikan Vaksin Aman untuk Anak

11 July 2024 - 17:13 WITA

Jelang Pekan Imunisasi Polio
Trending di Advertorial