Menu

Mode Gelap

Daerah · 4 Jan 2024 07:09 WITA

Gubernur Ramaikan Pesta Budaya Meja Panjang Desa Pimping


 Gubernur Ramaikan Pesta Budaya Meja Panjang Desa Pimping Perbesar

TANJUNG SELOR, siagasatu.co.id — Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal A. Paliwang, SH., MHum, mengapresiasi penyelenggaraan Pesta Budaya Meja Panjang Desa Pimping, Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan, Rabu, (3/1/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala, S.E., M.Si, Danrem Maharajalila, Brigjen Adek Chandra Kurniawan, SIP, Kepala OPD Kaltara, Dandim 0309 Kab. Bulungan, Staf Ahli dan Para Asisten, DPRD Kab.Bulungan, DPRD Provinsi Kaltara, Camat Tanjung Palas Utara, Danramil Tanjung Palas Utara, Kepala Adat Dayak, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan, tokoh Pemuda dan Masyarakat Sekitar.

Baca Juga: Gubernur Minta Semua Pihak Jaga Stabilitas Inflasi

Pesta Budaya Meja Panjang Desa Pimping menampilkan berbagai atraksi budaya, pakaian tradisional, tari-tarian, hasil alam, dan kuliner khas Dayak khususnya warga Desa Pimping. Tradisi Meja Panjang Desa Pimping merupakan rangkaian perayaan Natal dan Tahun Baru yang secara rutin digelar di awal tahun.

Gubernur mengatakan, ia selalu menyempatkan diri hadir dalam setiap pelaksanaan Pesta Budaya Meja Panjang Desa Pimping dan mengapresiasi masyarakat setempat yang mampu menjaga dan memelihara warisan budaya leluhur masyarakat Dayak.

Gubernur menginginkan Pesta Budaya Meja Panjang Desa Pimping turut menjadi wadah silaturahmi dan pemersatu berbagai suku bangsa di Kaltara. Selain itu, ciri khas tradisi Meja Panjang Desa Pimping menurutnya menjadi daya pikat wisatawan domestik dan mancanegara untuk mengunjungi Kaltara.

Gubernur menambahkan Karena dalam syukuran Meja Panjang menampilkan berbagai atraksi kesenian budaya dan kuliner lokal.

“Maka mari terus jaga kebersamaan dan melanjutkan langkah ini untuk turut memantapkan pemulihan ekonomi dan kesehatan mewujudkan Kaltara berubah, maju, dan sejahtera,” Harapnya.

Gubernur sangat mendukung pelestarian tradisi Meja Panjang ini. Tradisi ini merupakan bagian dari kekayaan budaya Indonesia yang harus dilestarikan untuk generasi mendatang.

“Selain itu, saya juga berharap agar Pesta Budaya Meja Panjang dapat menjadi wadah silaturahmi dan pemersatu berbagai suku bangsa di Kalimantan Utara. Mari kita bersama-sama menjaga dan melestarikan tradisi ini agar terus lestari dan menjadi kebanggaan masyarakat Kalimantan Utara,” ajaknya.

Gubernur menghimbau pentingnya Pemilihan Umum 2024 sebagai momentum bagi seluruh warga Kaltara untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan. Gubernur mendorong netralitas sebagai kunci utama untuk menciptakan pesta demokrasi yang bersih dan berkualitas di tingkat daerah.® (DKISP)

 

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Administrator

Baca Lainnya

Plh Sekab Malinau Marson Lepas Kontingen O2SN Jenjang Dasar dan Menengah ke Tarakan

12 July 2024 - 13:16 WITA

Plh Sekab Malinau Marson Lepas Kontingen O2SN

Pj Wali Kota Tarakan Bustan Pantau Perkembangan Kebersihan Sepanjang Jalan Mulawarman

12 July 2024 - 08:52 WITA

Pj Wali Kota Tarakan Bustan Perkembangan Kebersihan Sepanjang Jalan Mulawarman

Pemerintah Apresiasi Pelaksanaan O2SN Tingkat Provinsi

11 July 2024 - 18:22 WITA

Pemerintah Apresiasi Pelaksanaan O2SN Tingkat Provinsi

Bupati Wempi Hadiri Upacara Penutupan Pendidikan Bintara Polri Gelombang I 2024

11 July 2024 - 17:27 WITA

Bupati Wempi Hadiri Upacara Penutupan Pendidikan Bintara Polri Gelombang I 2024

Dispora Matangkan Persiapan POPDA ke 1 Kaltara

11 July 2024 - 17:18 WITA

Dispora Matangkan Persiapan POPDA ke 1 Kaltara

Jelang Pekan Imunisasi Polio, Dinkes Pastikan Vaksin Aman untuk Anak

11 July 2024 - 17:13 WITA

Jelang Pekan Imunisasi Polio
Trending di Advertorial