Menu

Mode Gelap

Daerah · 17 Dec 2023 08:56 WITA

Gubernur Kalimantan Utara Berikan Perlindungan Sosial Baru untuk 7.000 Pekerja Rentan


 Gubernur Kalimantan Utara Berikan Perlindungan Sosial Baru untuk 7.000 Pekerja Rentan Perbesar

TARAKAN, siagasatu.co.id — Gubernur Kaltara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum kembali menyerahkan bantuan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada tambahan 7.000 pekerja rentan. Penyerahan ini diserahkan langsung di Pelabuhan Malundung, Jumat (15/12)

Gubernur menjelaskan bahwa jaminan sosial adalah bentuk perlindungan untuk memastikan pemenuhan kebutuhan dasar hidup yang layak bagi setiap peserta dan keluarganya.

Baca Juga: 300 KK Dapat Bantuan Listrik Gratis

Gubernur mengungkapkan pentingnya kehadiran BPJS Ketenagakerjaan sebagai bagian dari upaya negara memberikan perlindungan kepada masyarakat.

“Sebagai kelanjutan dari peluncuran perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi 35.000 pekerja rentan pada Agustus 2023, pemerintah menambah perlindungan untuk 7.000 pekerja rentan di sektor pekerja petani, pekebun, nelayan, pedagang keliling, tenaga buruh harian lepas, tenaga bongkar muat, dan buruh angkut selama 2 bulan,” katanya.

Untuk diketahui, total perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan oleh Provinsi Kalimantan Utara mencapai 42.000 pekerja rentan dengan alokasi dana sebesar Rp235.200.000,-.

Karena itu ia menegaskan bahwa serah terima kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan hari ini adalah bukti konkret kehadiran negara dalam memberikan perlindungan sosial kepada seluruh pekerja dan keluarganya.

“Kepentingannya bagi pekerja memiliki perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk meningkatkan rasa aman saat bekerja dan memberikan kepastian keberlangsungan ekonomi bagi keluarga pekerja dalam situasi yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Gubernur mengajak semua pemangku kepentingan, mulai dari pemerintah provinsi hingga pemerintah desa, untuk aktif berpartisipasi dalam penguatan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Gubernur mengakhiri sambutannya dengan mengucapkan terima kasih kepada pekerja rentan yang hadir, mengapresiasi dedikasi mereka, dan berharap bahwa program kepesertaan ini akan memberikan manfaat nyata.

Selain itu, Gubernur menyampaikan rasa terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan, perusahaan, instansi terkait, dan semua pihak yang berkontribusi dalam merealisasikan program ini.

“Semoga program ini sukses dan memberikan dampak positif bagi semua pekerja di daerah, mewujudkan Kalimantan Utara yang berubah, maju, dan sejahtera,” harapnya.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kaltara, Haerumuddin. Kehadiran juga terlihat dari Kepala BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Kalimantan Utara, Rina Umar, dan jajarannya, Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Tarakan, Kepala PT. Pelindo IV Regional Kota Tarakan, Kepala Koperasi TKBM Kota Tarakan, serta Ketua Asosiasi TKBM Pelabuhan Malundung, peserta penerima bantuan.® (dkisp)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Administrator

Baca Lainnya

Plh Sekab Malinau Marson Lepas Kontingen O2SN Jenjang Dasar dan Menengah ke Tarakan

12 July 2024 - 13:16 WITA

Plh Sekab Malinau Marson Lepas Kontingen O2SN

Pj Wali Kota Tarakan Bustan Pantau Perkembangan Kebersihan Sepanjang Jalan Mulawarman

12 July 2024 - 08:52 WITA

Pj Wali Kota Tarakan Bustan Perkembangan Kebersihan Sepanjang Jalan Mulawarman

Pemerintah Apresiasi Pelaksanaan O2SN Tingkat Provinsi

11 July 2024 - 18:22 WITA

Pemerintah Apresiasi Pelaksanaan O2SN Tingkat Provinsi

Bupati Wempi Hadiri Upacara Penutupan Pendidikan Bintara Polri Gelombang I 2024

11 July 2024 - 17:27 WITA

Bupati Wempi Hadiri Upacara Penutupan Pendidikan Bintara Polri Gelombang I 2024

Dispora Matangkan Persiapan POPDA ke 1 Kaltara

11 July 2024 - 17:18 WITA

Dispora Matangkan Persiapan POPDA ke 1 Kaltara

Jelang Pekan Imunisasi Polio, Dinkes Pastikan Vaksin Aman untuk Anak

11 July 2024 - 17:13 WITA

Jelang Pekan Imunisasi Polio
Trending di Advertorial