Menu

Mode Gelap

Advertorial · 26 Apr 2022 21:44 WITA

Antusias Mudik Lebaran Tinggi Pasca Pemerintah Longgarkan Aturan Bepergian


 Antusias Mudik Lebaran Tinggi Pasca Pemerintah Longgarkan Aturan Bepergian Perbesar

NUNUKAN [siagasatu.co.id] – Kebijakan Pemerintah memperbolehkan masyarakat bepergian keluar daerah pasca pembatasan melalui ketetapan PPKM akibat pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu, benar-benar dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat.

Termasuk bepergian dalam rangka mudik lebaran Idul Fitri 1443 H atau pada tahun 2022 ini.

Antusias aktivitas acara Pulang Kampung warga Nunukan tersebut setidaknya dapat dilihat dari jumlah pembelian tiket armada transportasi laut milik PT Pelni yang mulai ramai sejak 15 hari memasuki bulan suci Ramadan.

Membenarkan, Kepala Cabang (Kacab) PT Pelni Cabang Nunukan, Firdaus, S.Sos tingginya antusias masyarakat melakukan perjalanan keluar daerah memang tidak terlepas dari kelonggaran aturan dari pemerintah.

“Selain adanya waktu cuti bersama yang lumayan panjang, syarat melakukan perjalanan tidak perlu lagi antigen atau PCR jika sudah vaksin booster, membuat masyarakat lebih leluasa untuk bepergian,” kata Firdaus, Senin (25/04/2022) lalu.

Mengantisipasi membeludaknya antrean saat membeli tiket kapal, PT Pelni membuka layanan pembayarannya secara online walaupun proses pembeliannya tetap dilakukan di loket yang tersedia di Kantor PT Pelni.

Hal tersebut dilakukan karena masih banyak calon penumpang perantauan yang ada di Malaysia membeli tiket pada H-1 hari keberangkatan. Sehingga konsentrasi penumpukan massa di depan loket penjualan tiket akan berakibat terjadinya antrean panjang dengan kebutuhan waktu cukup lama.

“Kebanyakan calon penumpang kapal Pelni saat mudik lebaran adalah pekerja kebun kelapa sawit di Malaysia. Kebiasaan mereka membeli tiket sehari sebelum jadwal kapal berangkat,” terang Firdaus.

Karenanya, lanjut Dia, penjualan tiket melalui online bertujuan untuk membantu calon penumpang agar lebih mudah mendapatkan tiket keberangkatan.

Sedangkan pelayanan pada loket di kantor PT Pelni untuk mengantisipasi calon penumpang yang baru membeli tiket sehari sebelum hari kapal dijadwalkan berangkat.

Puncak Arus mudik dari Nunukan menggunakan Kapal Pelni, diperkirakan berlangsung pada Selasa (26/04/2022). Armada kapal milik PT Pelni kembali melayani pelayaran keberangkatan dari Pelabuhan Tunon Taka, Nunukan pada 28 April 2022.

Namun saat itu jumlah penumpang dari daerah ini diperkirakan sudah berkurang karena telah mendekati hari H lebaran Idul Fitri.® (INNA/DIKSIPRO)

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Administrator

Baca Lainnya

Rayakan Idul Fitri 1445 H, Bupati Silaturahmi Ke Rumah Pejabat Muslim

12 April 2024 - 09:50 WITA

Rayakan Idul Fitri 1445 H, Bupati Silaturahmi Ke Rumah Pejabat Muslim

Tatap Dua Periode, Aliansi Pemuda se-Kaltara Berharap Demokrat Usung Zaina l– Yansen

11 April 2024 - 20:22 WITA

Tatap Dua Periode, Aliansi Pemuda se-Kaltara Berharap Demokrat Usung Zainal – Yansen

Gerakan Pro WM Ajak Bung Wempi Kembali Maju di Pilkada Malinau

11 April 2024 - 19:59 WITA

Gerakan Pro WM Ajak Bung Wempi Kembali Maju di Pilkada Malinau

1.011 narapidana Lapas Kelas IIA Tarakan terima Remisi Khusus Idul Fitri 1445 H

11 April 2024 - 11:32 WITA

1.011 narapidana Lapas Kelas IIA Tarakan terima Remisi Khusus Idul Fitri 1445 H

PJ. Wali Kota Tarakan Gelar Open House Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

10 April 2024 - 20:12 WITA

PJ. Wali Kota Tarakan Gelar Open House Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah

Bupati Wempi Ajak Tokoh Lintas Agama Bersilaturahmi di Hari Lebaran

10 April 2024 - 20:01 WITA

Bupati Wempi Ajak Tokoh Lintas Agama Bersilaturahmi di Hari Lebaran
Trending di Advertorial